08
Sep

1 MONTH TRAINING OF TRAINERS AT TEMDEC KYUSHU UNIVERSITY HOSPITAL JAPAN

1 MONTH TRAINING OF TRAINERS AT TEMDEC KYUSHU UNIVERSITY HOSPITAL JAPAN

Sebanyak 4 orang Engineer Telemedicine Indonesia menghadiri undangan pelatihan selama satu bulan mulai 16 Agustus sampai 8 September 2023, di Telemedicine Development Central of Asia (TEMDEC) Kyushu University Hospital, Fukuoka Japan. 

 

Peserta pelatihan adalah anggota dari Indonesia Telemedicine Engineer. Salah satu dari Engineer tersebut Agung Laksana berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Sumatera Utara, dan tiga orang lainnya adalah Poggy Indra Aditya dari RS Dr. Moewardi Solo, Lukman Harun dari RS Dr. Kariadi Semarang, Dwi Basuki dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. Selama mengikuti pelatihan mereka di bimbing oleh Shintaro Ueda, PhD (Research Lecturer), Yukiko Hisada, PhD (Research Assistant Professor), Saori Matsuda (Engineer).

Peserta training dilibatkan langsung menjadi engineer pada kegiatan Asia Pacific Advance Network ke 56 (APAN56) yang diselenggarakan secara daring dan yang menjadi tuan rumah APAN56  Colombo, Sri Lanka. Mereka juga diajak mencoba peralatan dan teknologi yang dimiliki TEMDEC juga melihat fasilitas 21 ruang bedah yang lengkap dengan teknologi canggih yang ada di Rumah Sakit Kyushu University.

 

Pada tahun 2008, Telemedicine Development Center of Asia (TEMDEC) didirikan untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh yang menarik dan efektif, yang melibatkan diskusi interaktif di berbagai bidang medis, di mana institusi medis di berbagai negara terhubung melalui Internet. Sejak didirikan, TEMDEC telah memperdalam hubungan kerja sama dengan para profesional dan insinyur medis di seluruh dunia. Ini telah mendukung banyak program pendidikan jarak jauh, seperti webinar internasional, konferensi kasus, dan demonstrasi langsung bedah tingkat lanjut dan endoskopi. Dengan cara ini, TEMDEC telah membantu berbagi pengetahuan medis terkini dan mengumpulkan pengalaman para ahli di berbagai bidang medis. TEMDEC juga secara aktif terlibat dalam konsultasi medis jarak jauh di seluruh dunia. Saat ini TEMDEC dipimpin oleh Tomohiko Moriyama, MD., PhD (Director Associate Professor Vice Director of International Medical Department Kyushu University Hospital), Kuriko Kudo, PhD (Vice Director Lecturer), (https://www.temdec.med.kyushu-u.ac.jp/)

 

Tidak hanya menjadi peserta training, peserta juga menjadi trainer cara menggunakan software broadcasting dan design. Diakhir sesi peserta menyampaikan laporannya selama mengikuti program ini kepada TEMDEC.