PPDGS KONSERVASI GIGI

Identitass Program Studi

Fakultas                                 : Kedokteran Gigi

Perguruan Tinggi                   : Universitas Sumatera Utara

No. SK. Pendirian PS             : 2147/H5.1.R/SK/PRS/2010

Tanggal SK Pendirian             : 09 Agustus 2010

Pejabat Penanda tangan        : Prof. Chairuddin P. Lubis, DTM&H, Sp. A. (K)

Awal penyelengaraan:            : Oktober 2010

No. SK Izin Operasional         : 189/D/O/2010

Tanggal SK Pendirian             : 23 November 2010

Alamat PS                              : Jl. Alumni No. 2 Kampus USU Medan

 

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian

  • Uraikanvisi, misi, tujuan, strategi Program Studi dan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) (visikeilmuan/scientific vision).

Visi, Misi, Tujuan PS

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi yang memiliki keunggulan akademik dan profesi sebagai barometer kemajuan Ilmu Pengetahuan di bidang Konservasi Gigi yang mampu bersaing dalam menghadapi dunia globalisasi pada tahun 2023

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan lanjutan di bidang Konservasi Gigi berbasis otonomi yang menjadi wadah bagi pengembangan karakter dan profesionalisme sumber daya manusia dengan komitmen yang tinggi terhadap etika dan moral dalam memberi pelayanan, untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang optimum.
  2. Mempersiapkan peserta didik dalam mengembangkan penelitian inovatif di bidangKonservasi Gigi sesuai perkembangan IPTEK di bidang Konservasi Gigi.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan Pengabdian pada Masyarakat berbasis penalaran dan hasil-hasil penelitian ( Evidence-BasedDentistry) dalam pengelolaan kasus-kasus yang membutuhkan penanganan Spesialistik Konservasi Gigi di masyarakat.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan Dokter Gigi Spesialis yang mempunyai kompetensi akademik profesional tingkat lanjut sesuai dengan salah satu bidang klinik dan cabang Kedokteran Gigi yaitu Konservasi Gigi.
  2. Memenuhi kebutuhan Dokter Gigi Spesialis yang diperlukan dalam mengisi struktur pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia dengan pendekatan promotif, kuratif, dan rehabilitatif terutama untuk wilayah Indonesia Bagian Barat.
  3. Menghasilkan penelitian yang inovatif di bidang Konservasi Gigi yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lingkup Nasional dan Internasional dengan salah satu bidang TropicalScienceandMedicine, Agroindustry, Local Wisdom, Energy (Sustainable), Natural Resources (biodiversity, forest, marine, mine, tourism),Technology (appropriate), dan Arts (Ethnic) yang merupakan bidang unggulan penelitian USU yang kompetitif
  4. Mewujudkan kemandirian yang adaptif, kreatif, dan proaktif terhadap tuntutan kesehatan gigi dan mulut masyarakat di bidang Konservasi Gigi.

Menghasilkan Dokter Gigi Spesialis yang memiliki tata nilai utama BINTANG dengan ciri memiliki jati diri yang kuat, bertaqwa, berinovasi, berintegrasi serta memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan dan bersifat arif dalam penanganan kasus-kasus Spesialistik kompleks demi kepentingan pasien, dengan bekerja sama tenaga Spesialis lain.

Visi, Misi, Tujuan UPPS                                                                                          

Visi UPPS

Fakultas Kedokteran Gigi USU menjadi institusi yang menghasilkan lulusan akademik, profesi, spesialis, Magister dan Doktor Ilmu Kedokteran Gigi yang berkualitas dan dapat berdaya saing global.

Misi UPPS

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut untuk menghasilkan Sarjana Kedokteran Gigi dan Dokter Gigi yang berpengetahuan dan berketerampilan, bersikap demokratis, penuh tanggung jawab, dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan etika profesi kedokteran gigi.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu dan teknologi untuk dapat menyelesaikan masalah kesehatan gigi dan mulut secara ilmiah yang merupakan landasan utama untuk menumbuhkan dan membina kemampuan menguasai metode penyelesaian masalah melalui kemampuan berfikir, menalar ilmiah, berfikir alternatif dan kemampuan pengambilan keputusan secara benar.
  3. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat melalui Pengalaman Belajar Klinik (PBK) dan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

 

Tujuan UPPS

  1. Berjiwa Pancasila serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan terhadap sesama manusia sesuai dengan etika kedokteran gigi.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia di bidang kesehatan gigi dan mulut yang mampu mengikuti, menapis dan memanfaatkan IPTEK secara tepat guna serta mampu bersaing secara global.
  3. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.
  4. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK kedokteran maupun masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat kearah sikap yang sama.
  5. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya Ilmu Kedokteran Gigi, dalam upaya mencari penyelesaian masalah kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian.
  6. Melakukan tugas profesi kedokteran gigi dalam tata sistem pelayanan kesehatan nasional dengan berpedoman pada rasa kemanusiaan dan etika kedokteran gigi.
  7. Berkemampuan untuk senantiasa mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan IPTEK secara tepat guna melalui penambahan ilmu dan penelitian.
  8. Peka terhadap perubahan dan perkembangan masyarakat serta lingkungan demi penigkatan dan kelancaran pelayanan kesehatan.
  • Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, sertapihak-pihak yang dilibatkan.
  • Visi, misi, tujuan, dan sasaran PPDGS Konservasi Gigi FKG USU mengacu pada visi, misi tujuan, dan sasaran Fakultas Kedokteran Gigi USU.
  • Penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Dokter Gigi Spesialis Ilmu Konservasi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara dilakukan dengan mekanisme yang berjenjang dan melibatkan seluruh civitasakademika.
  • Ketua PPDGS FKG USU membentuk tim untuk merumuskan VMTS. Hasil perumusan yang telah dibuat dipaparkan dalam forum internal yang dihadiri oleh semua dosen Program Studi dan stakeholder, praktisi, juga organisasi profesi seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) untuk dibahas dan didiskusikan. Berdasarkan pada pendapat dan masukan yang berkembang dalam forum tersebut, kemudian disepakati bahwa untuk mempersiapkan lulusan PPDGS Konservasi Gigi FKG USU yang handal, dibutuhkan visi yang dapat mendukung pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  • Sebelum menyusun VMTS diadakan pertemuan dengan seluruh civitasakademika, stakeholder, dan organisasi profesi untuk mendapatkan konsep VMTS melalui rapat. Setelah itu, berdasarkan masukan dan harapan dari berbagai pihak tersebut KPS bersama pimpinan Fakultas kembali membahas dan melakukan finalisasi melalui rapat terbatas. Konsep rancangan VMTS ini kemudian dan disahkan dalam rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) pada tanggal 24 April 2011. Hasil VMTS dari rapat tersebut kemudian disahkan dalam bentuk SK Dekan No. 963/UN5.2.1.6/SDM/2011 tanggal 3 September 2011 menjadi VTMS PS Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi FKG USU.
  • Adanya perubahan statuta USU tahun 2014, maka terjadi perubahan terhadap VMTS PPDGS FKG USU. KPS kembali menyusun tim perancangan VMTS melalui surat Dekan No.490/UN5.2.1.6/SDM/2015 dengan terlebih dahulu meminta masukan dari dosen, peserta didik, alumni dan stakeholders, praktisi, serta organisasi profesi PDGI dan IKORGI. Konsep rancangan VMTS ini kemudian diajukan untuk disahkan dalam rapat pimpinan dan diteruskan ke DPF. Hasil VMTS dari rapat pimpinan tersebut disahkan Dekan dalam bentuk SK Dekan No. 4798/UN5.2.1.6/SDM/2015 menjadi VMTS PPDGS Konservasi Gigi FKG USU yang baru. Setiap kali dilakukan penetapan VMTS dan adanya perubahan VMTS, maka dilakukan sosialisasi kepada seluruh civitasakademika, tenaga kependidikan dan unsur-unsur lainnya
  • Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran

Sasaran yang merupakan target terukur dan ciri-ciri serta profil kemampuan lulusan yang diharapkan adalah :

Mempunyai kemampuan penguasaan akademik dan profesional di bidang Konservasi Gigi lanjutan, mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dalam pemecahan masalah kesehatan gigi dan mulut yang kompleks, berdasarkan hasil-hasil penelitian berbasis penalaran (evidence-baseddentistry) dalam pengelolaan kasus-kasus yang membutuhkan penanganan Spesialistik di masyarakat, terutama di bidang Konservasi Gigi.

Kemampuan lulusan ini ditunjukkan dengan indikator perolehan IPK rata-rata dari lulusan angkatan pertama > 3,5 dengan masa studi yang dapat diselesaikan dalam 5 (lima) semester.

Tabel 1. Sasaran dan indicator Pencapaian Program Studi Pendidikan Dokter Gigi SpesialisKonservasi Gigi FKG USU

tabel konser

Strategi Pencapaian

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan ilmiah, studi kasus, dan hand’son dalam mengembangkan ilmu Konservasi Gigi untuk menghasilkan lulusan sesuai kompetensi PPDGS Konservasi Gigi.
  2. Meningkatkan pembelajaran etika di dalam kelas, diskusi kelompok, proses pembimbingan akademik dan profesi untuk mencapai penghayatan, pengalaman dan pengembangan etika profesi, sikap pribadi dan etika ilmu, juga etika terhadap pasien, sejawat, staf pendidik, dan staf kependidikan untuk menciptakan suasana akademis yang kondusif.
  3. Meningkatkan serta menyempurnakan sarana dan prasarana yang berbasis IT dan IPTEK dalam menunjang pelayanan kasus-kasus kompleks dan penelitian yang inovatif.
  4. Mengimplementasikan sasaran Penjaminan Mutu yang meliputi aspek akademik, non-akademik, dan aspek profesi.
  5. Meningkatkan wawasan dan kualitas kegiatan dosen melalui keikutsertaan dosen dalam seminar-seminar Nasional dan Internasional, hand’son, dan publikasi pada jurnal Nasional yang terakreditasi dan jurnal Internasional yang terindeks dalam mengoptimalkan kinerja aset dan SDM.
  6. Menetapkan road map untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bersifat lintas dan multidisiplin dengan riset-riset kolaborasi dosen dan peserta didik dalam ilmu terintegrasi dengan Ilmu Konservasi Gigi dalam penelitian berbasis TALENTA terutama Natural Resources dan Technology yang merupakan keunggulan lokal untuk menhasilkaninovasi-inovasi dalam perawatan dan pelayanan Konservasi Gigi.
  7. Meningkatkan wawasan dan kualitas peserta didik kegiatan pelatihan / hand’son, seminar, kuliah pakar, dan publikasi pada jurnal Nasional terakreditasi dan jurnal Internasional dalam mencapai visi dan misi Program Studi.

Kemampuan pelaksanaan yang merupakan tolok ukur keberhasilan dilihat dari :

  1. Sampai pada tahun akademik 2019/2020 telah menghasilkan 39 (tigapuluh Sembilan) lulusan dokter gigi spesialis konservasi gigi (Sp.KG).
  2. Semua dosen dan peserta didik telah menggunakan IT (internet) dalam menunjang proses pembelajaran.
  3. Terimplementasikannya secara baik aspek-aspek yang diharapkan sesuai Sistem Penjaminan Mutu.
  4. Tiap peserta didik telah mengikuti seminar -seminar Internasional dan Nasional dengan mempresentasikan laporan kasus dan review sari Pustaka dari penelitian tesisnya .Peserta didik telah mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional yang terindeks. Hasil penelitian dan laporan kasus juga telah mendapatkan penghargaan di kompetisi-kompetisi nasional dan internasional.
  5. Meningkatnya kemampuan dosen dengan berhasilnya dosen dalam mencapai Sp.KG (K) yang pada tahun akademik 2017/2018 hanya 3 (tiga) orang, pada tahunakademik 2019/2020 menjadi 7 (tujuh) orang.
  6. Dosen di PPDGS Konservasi Gigi FKG USU telah mendapatkan hibah-hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat TALENTA dengan penelitian inovatif yang mendukung RIP Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat USU.
  7. Bertambahnya dosen-dosen PPDGS Konservasi gigi FKG USU menjadi pembicara utama/ invited speaker dalam seminar-seminar nasional dan internasional.

Hasil-hasil penelitian yang dilakukan dosen-dosen PPDGS Konservasi FKG USU telah dipubikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi dan jurnal -jurnal ilmiah internasional yang terindeks.