Video Profil Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara

 

WEBINAR ROAD MAP PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Penelitian dan pengabdian adalah salah satu pilar dari kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang wajib untuk diikuti dan dilaksanakan oleh sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu, kedua hal tersebut mutlak melibatkan mahasiswa sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan pengajaran. Arah suatu penelitian dan pengabdian Fakultas harus berorientasi pada implementasi rencana induks riset universitas yang nantinya diharapkan dapat menjadi suatu unggulan dari Fakultas itu sendiri, dalam hal ini Fakultas Kedokteran Gigi. Salah satu hal yang mendukung arah suatu penelitian dan pengabdian masyarakat dapat berjalan berkesinambungan, dapat diwujudkan dalam bentuk road map (peta jalan).

foto 1foto 2

Peta jalan penelitian dan pengabdian masyarakat ini harus juga disesuaikan dengan visi dan misi Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Sumatera Utara memiliki TALENTA (tropical science and medicine, agroindustry, local wisdom, energy (sustainable), natural resources, technology (appropriate) and arts (ethnic)) yang dapat dijadikan landasan di dalam menentukan road map penelitian dan pengabdian bagi dosen. Fokus peta jalan Fakultas Kedokteran Gigi berdasarkan TALENTA terletak pada 3 bidang yaitu natural resources, technology (appropriate) and arts (ethnic).

Dosen sebagai tenaga pendidik professional dan ilmuwan memiliki tugas utama yaitu mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui Tri Dharma perguruan tinggi, sehingga dengan pembuatan road map yang berpedoman pada visi dan misi Fakultas dan selaras dengan visi dan misi Universitas maka diharapkan pelaksanaan webinar peta jalan ini menjadi landasan dan arah bagi dosen di Fakultas Kedokteran Gigi dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terarah dan berkesinambungan.

foto 3

Pelatihan dan Lokakarya berlangsung 1 (satu) hari, yaitu pada tanggal 31 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 WIB secara daring melalui aplikasi Zoom, Peserta lokakarya adalah seluruh staf pengajar Fakultas Kedokteran Gigi. Adapun Narasumber pada acara ini adalah: Pada sesi pertama adalah Prof. Trimurni Abidin, drg., M.Kes, Sp.KG(K) sebagai Narasumber Sosialisasi Road Map Penelitian, dan pada sesi kedua disampaikan oleh Prof. Haslinda Z Tamin, drg., M.Kes, Sp.Pros (K) yang dimoderatori oleh Dr. Ervina Sofyanti, drg.,Sp.Orto (K).

Webinar ini bertujuan :

  1. Mensosialisasikan peran peta jalan penelitian serta perwujudannya di dalam melakukan penelitian berkelanjutan bagi para dosen di FKG USU.
  2. Mensosialisasikan peran dan fungsi peta jalan pengabdian sertaperwujudannya di dalam melakukan pengabdian kepada masyarakatberkelanjutan bagi para dosen di FKG USU

foto 4

Webinar ini diisi dengan pemaparan materi melalui metode ceramah secara daring dan diikuti dengan diskusi/tanya jawab, serta penyusunan road map penelitian dan pengabdian. Dengan pelaksanaan webinar ini, diharapkan setiap Departemen dan Program Studi di FKG USU dapat memiliki road map penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sejalan dan selaras dengan visi dan misi Fakultas Kedokteran Gigi USU.