MTQM ke 4 kembali digelar di USU

Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) IV kembali diadakan di Universitas Sumatera Utara. Pembukaan acara itu berlangsung di gedung Auditorium USU, pada Senin (10/10/16), yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati, para mahasiswa dari dalam dan luar USU, kalangan ibu-ibu, dan peserta lomba.

MTQM 4MTQM IV merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) yang di bina oleh LDK Ad- Dakwah USU (Lembaga Dakwah Kampus Ad- Dakwah Universitas Sumatera Utara). Kegiatan yang berlangsung mulai 10-12 Oktober 2016 tersebut pada tahun ini mengambil tema “Satu Langkah Membangun Generasi Qur’ani yang Cerdas, Beprestasi dan Berakhlaqul Karimah” dan menghadirkan Tim #Ayuk Ngaji bersama Ust. Felix Siauw.

MTQM 3Kegiatan MTQM tahun ini adalah yang ke empat yang sebelumnya dimulai pada 2013. Peserta Lomba terdiri dari mahasiswa/i dari setiap fakultas-fakultas yang ada di USU. Jumlah peserta lomba saat ini 380 orang dengan mengikuti 13 jenis perlombaan yang digelar yakni: Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an 1 juz, Musabaqah Hifzil Qur’an 2 juz, Musabaqah Hifzil Qur’an 5 juz , Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an, Musabaqah Debat Kandungan Al- Qur’an dalam bahasa arab, Musabaqah Debat Kandungan Al- Qur’an dalam bahasa Inggris, dan cabang yang terbaru adalah Musabaqah Qira’at Sab’ah dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer. Kedua cabang lomba itu dilaksanakan pada tahun ini karena telah diadakan pada seluruh kegiatan MTQ.


MTQM 2Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Rosmayati dalam sambutannya pada Grand Opening MTQM IV USU 2016 mengatakan MTQ dapat dijadikan salah satu sarana pembentukan SDM yang handal, karena dengan generasi yang tanggap, cakap, dan berakhlak baik, maka pembangunan dapat terus bergulir untuk mengimplementasikan tata nilai utama BINTANG (Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinnekaan, Inovatif yang berintegrasi, Tangguh dan arif) yang menjadi pedoman berprilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga pendidikan.

Prof. Rosmayati berharap, MTQ ini dapat menanamkan kecintaan generasi muda pada Al Qur’an, dengan mempelajari, memahami, dan mengamalkan isi dan makna Al Qur’an, sehingga menjadi modal pembangunan guna berbakti pada agama, bangsa, dan Negara.

Sementara Muhammad Zikri Ketua LPTQ 2015-2016 mengucapkan terima kasih atas dukungan Rektor USU Prof. Runtung, SH, sehingga acara MTQM 2016 berlangsung baik dan lancar. “Harapan saya MTQ ini dapat diadakan setiap tahunnya membuat mahasiswa/i semakin kedepannya memiliki generasi Qur’ani yang berprestasi gemilang, cerdas, dan berakhlaqul karimah,” ujar Zikri.

Adapun event MTQM pada tahun ini, diselenggarakan selama tiga hari. Dimana hari pertama (10 Oktober 2016) merupakan Grand Opening MTQM IV USU 2016, Talk Show Inspiratif #YukNgaji, Penyisihan/Presentasi lomba cabang Tilawah, Tartil, Qira’ah Saba’ah,dan Desain Aplikasi Al-Qur’an. Hari kedua (11 Oktober 2016) Penyisihan/Presentasi lomba cabang Tilawah, Tartil, Qira’ah Saba’ah, Hifzdil, Karya Tulis Ilmiah, Debat Arab, Debat Inggris, Khattil Qur’an, Syarhil Qur’an, dan Fahmil qur’an. Hari ketiga (12 Oktober 2016) merupakan pengumuman pemenang seluruh cabang lomba di MTQM IV USU 2016 serta penutupan MTQM USU 2016.

Antusiasme terlihat begitu baik untuk MTQ tahun ini, ditunjukkan dengan jumlah peserta talkshow yang mendaftar baik melalui online maupun SMS kurang lebih sebanyak 1400. Begitu juga dengan jumlah panitia MTQM USU 2016 yang lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni terdiri dari 99 panitia.