USU Gelar Sosialisasi Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen Tahun 2016

MEDAN-USU: Berdasarkan PERMENPAN DAN RB N0. 46 TAHUN 2013 (PERUBAHAN PERMENPAN DAN RB 17 - 2013) Pasal 26 (1) bahwa Dosen dapat dinaikkan jabatannya apabila : Mencapai angka kredit yang disyaratkan paling singkat 2( dua) tahun dalam jabatan terakhir; Nilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir; dan Memiliki integritas dalam menjalankan tugas.

Kenaikan Pangkat 2

Pada Pasal 26 (2): Dosen dapat dinaikkan pangkat setingkat lebih tinggi, apabila:mencapaiangka kredit yang disyaratkan; paling kurang 2 (dua) tahun dalam pangkat terakhir; nilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir; dan memiliki integritas dalam menjalankan tugas.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penilai Angka Kredit Kemristek DIKTI Prof. Dr Yanuarsyah Haroen ketika menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Peraturan dan Kebijakan Mengenai Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen tahun 2016, Kamis (01/09/2016 ) di Auditorium USU.

Lebih lanjut Prof. Yanuarsyah mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang dosen dalam kaitannya tentang Kenaikan jabatan Akademik Dosen. Sesuai PERMENPAN DAN RB N0. 17 TAHUN 2013 DAN PERUBAHAN PERMENPAN DAN RB NO. 46 TAHUN 2013 pada Pasal 26 (3) yaitu ;

  • Lektor minimal wajib memiliki karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah.
  • Lektor Kepala yang memiliki: ijazah Doktor (S3) atau yang sederajat harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi, ijazah Magister (S2) atau yang sederajat harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional.
  • Profesor harus memiliki: ijazah Doktor (S3) atau yang sederajat; paling kurang 3 (tiga) tahun setelah memperoleh ijazah Doktor (S3); karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi; dan memiliki pengalaman kerja sebagai dosen paling kurang 10 (sepuluh) tahun.

Acara sosialisasi ini dibuka Wakil Rektor II USU Dr. dr Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked (OG), Sp.OG (K). Tampak hadir Sekretaris Universitas Dr. dr. Farhat, M.Ked, Sp.THT-KL(K), Staf ahli Rektor USU Prof. dr. Gontar Alamsyah Siregar, Sp.PD., KGEH. Ketua Dewan Guru Besar USU Prof.Dr.Ir. Sumono, MS.

Kenaikan Pangkat 1

Dalam sambutannya Wakil Rektor II USU Dr. M. Fidel menyatakan harapannya agar acara itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik–baiknya. “Harapan kita adalah agar terwujudnya pemahaman dan persepsi yang sama dalam memahami implementasi peraturan dan kebijakan tentang kenaikan Jabatan Fungsional Dosen dan angka Kreditnya guna Keseragaman standarisasi dalampenyusunan dan perhitungan atau penilalian angka kreditnya.Sekaligus dapat memotivasi para bapak/ibu dosen sekalian untuk segera mengajukan peningkatan jabatan akademik fungsional sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi bapak/ibu maupun institusi ke depan, " imbuh Wakil Rektor II USU Dr. M. Fidel.

Prof. Dr. Urip Harahap, Apt juga terlihat hadir sebagai penyaji dalam acara sosialisasi tersebut. Dalam paparannya Prof. Urip Harahap menjelaskan tentang perubahan peraturan pengajuan kenaikan jabatan fungsional danpangkat. “Penentuan jumlah AK (Angka Kredit) yang diperlukan untuk unsur utama (pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangandiri) dan penunjang adalah dengan cara mengalikan proporsi yang ditentukan dengan jumlah AK setelah dikurangi pendidikan sekolah. Hal ini berarti kebutuhan AK minimal unsur utama dan penunjang untuk kenaikan jabatan akademik yang sama oleh dosen dengan kualifikasi pendidikan Magister dan Doktor akan berbeda, ” demikian Prof. Urip Harahap. (usu.ac.id)