Program Spesialis Prostodonsia

 

Fakultas : Fakultas Kedokteran Gigi
Program Studi : Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia
Perguruan Tinggi : Universitas Sumatera Utara
Nomor SK Pendirian PS (*) : Nomor 2146/H5.1.R/SK/PRS/2010
Tanggal SK Pendirian PS : 09 Agustus 2010
Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, MSc(CTM),  Sp.A(K)
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS : September 2011
Nomor SK Izin Operasional (*) : 189/D/O/2010
Tanggal SK Izin Operasional  : 23 Nopember 2010
Nomor SK Perpanjangan : 2044/UN5.1.R/SK/PRS/2016
Tanggal SK Perpanjangan : 12 Oktober 2016
Alamat PS : Jl. Alumni No. 2 Kampus USU Medan-20155
Nomor Telepon PS : 061- 8216131 ext: 18 – 061-8201773
Nomor Faksimili PS : 061- 8213421 – 061 - 8201773
Homepage dan E-mail PS :

www.fkg.usu.ac.idThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visi Program Studi

Menjadi Pusat Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia yang menghasilkan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia dengan unggulan keterampilan klinis dan laboratoris serta entrepreneurship yang dapat bersaing dalam tataran dunia global pada tahun 2025.

Misi Program Studi 

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berorientasi kepada perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta kebutuhan masyarakat dalam bidang prostodonsia untuk menghasilkan dokter gigi spesialis prostodonsia yang memiliki sikap  profesionalisme, penguasaan akademik tingkat lanjut, keterampilan klinik spesialistik dan laboratoris di bidang prostodonsia dan berjiwa entrepreneur.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang prostodonsia yang berorientasi pada perkembangan IPTEKS, pengalaman klinis dan laboratoris, kebutuhan individu, lingkungan dan masyarakat berdasarkan evidence based dentistry.
  3. Melaksanakan pelayanan di bidang spesialistik prostodontik sebagai aplikasi perkembangan IPTEKS dan hasil penelitian untuk  memenuhi kebutuhan individu, lingkungan dan masyarakat dengan penegakan diagnosa, rencana perawatan yang komprehensif melalui pendekatan inter dan multidisipliner dalam rangka peningkatan kualitas mutu pelayanan prostodonsia yang unggul secara klinis dan laboratoris, serta bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup.


Tujuan Program Studi

Pendidikan Program Studi Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan lulusan ahli prostodontik yang mampu menguasai perkembangan Ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS), bersikap profesional dalam menjalankan pelayanan prostodontik, berperan sebagai narasumber, dan berwawasan luas yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan dan mengembangkan penelitian dalam bidang Prostodonsia,sebagai peneliti yang bersifat inovatif, berbasis penalaran yang menghasilkan karya penelitian bermanfaat untuk diaplikasikan dalam kegiatan pelayanan kepada individu, lingkungan dan masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki profil manager berjiwa entrepreneur dan mampu meningkatkan kualitas manajemen klinis dan laboratoris secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam bersaing dan kerjasama secara nasional maupun internasional.


Sasaran Program Studi

Tercapainya lulusan yang mempunyai kemampuan penguasaan akademik tingkat lanjut, keterampilan klinik spesialistik dan laboratoris, berjiwa interpreneur dan profesional di bidang Prostodonsia. Kemampuan lulusan ini ditunjukkan dengan 12 (dua belas) indikator, antara lain perolehan IPK rata-rata dari lulusan > 3,5 dengan rata-rata masa studi yang dapat diselesaikan dalam  waktu minimal 5 (lima) semester dan maksimal 8 (delapan) semester.

Struktur Organisasi Spesialis Prostodonsia

ppdgs prosto