Program Magister (S2) Ilmu Kedokteran Gigi

Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utarasangat dibutuhkan karena FKG USUmerupakan satu-satunya Fakultas Kedokteran Gigi di wilayah kepulauan Sumatera yang telah mempunyai ribuan alumni. Jenjang Program Magister (S-2) Ilmu Kedokteran Gigi diharapkan dapat memenuhi permintaan instansi pemerintah dan lembaga non pemerintah untuk lebih meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dengan kualifikasi Pascasarjanadi bidang Ilmu Kedokteran Gigiyang sangat diperlukan, untuk pelaksanaan pembangunan bidang kesehatangigi.Mencakup aspek inovasi, pengembangan program dan pemecahan berbagai masalah kesehatan, serta pemanfaatan, pemberdayaan dan pengembangan Ilmu Kedokteran Gigi.


Tingginya permintaan akademisi darimasyarakat, dengan dasar kondisi riil saat ini yang berkualifikasiMagister di bidang Ilmu Kedokteran Gigimasih terbatas.Pengembangan bidang Ilmu Kedokteran Gigi merupakan pembinaan SDM yang mampu menghasilkan karya dalam rangka mengupayakan pelaksanaan pembangunan di daerah khususnya di bidang kesehatan gigi dan mulut untuk mengantisipasi kebutuhan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di masa depan. Diharapkan para dokter gigi Program Magister ini akan dapat menghasilkan hasil karya penelitian yang tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi, juga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat.


Programmagister sebagai bagian dari pendidikan pascasarjana adalah pendidikan akademik yang memiliki 3karakteristik utama, yaitu bahwa program itu merupakan pendidikan lanjut (advanced), terfokus (concentrated) dan bersifat cendekia (scholarly). Selain ketiga karakteristik utama tersebut, unsur-unsur kontekstual pendidikan pada program magister sangat penting untuk dipahami, yaitu bahwa dalam program magister, mahasiswa diberi peluang untuk memperdalam pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kompetensi, dan mengembangkan kematangan intelektual mereka yang dapat digunakan sebagai bukti untuk meningkatkan karir mereka.


Program magisterbersifat pendidikanakademik, mengarahkan mahasiswanya untuk mendalami penguasaan bidang tertentu dan kemampuan penelitian, dan pada umumnya untuk melanjutkan ke pendidikan Ph.D. Gelar Master of Arts (M.A.) diberikan untuk disiplin seni, ekonomi dan humaniora, sedangkan gelar Master of Science (M.S./M.Sc.) diberikan untuk disiplin sains dan untuk bidang teknis seperti teknik dan pertanian. Master of Dental Science (MDSc) gelar yang diberikan untuk sains di bidang kedokteran gigi.


Menurut Undang-Undang RI No.20 tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,program magister yang merupakan bagian dari pendidikan pascasarjana adalah pendidikanakademik yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu.Sesuai dengan Kepmendiknas No.232/U/2000 program magister diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki ciri-cirisebagai berikut :

  • Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan IPTEKSdengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
  • Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  • Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

Program MagisterIlmu Kedokteran Gigi merupakan bagian dari pencapaian visi, pelaksanaan misi dan rencana strategis, serta sasaran pengembangan melalui kegiatan penelitian interdisipliner dalam klaster maupun antar klaster yang diarahkan untuk menjadikan USU sebagai Enterpreneural University.

VISI

Pengembangan bidang ilmu kedokteran gigi merupakan pembinaan SDM yang mampu menghasilkan karya dalam rangka mengupayakan pelaksanaan pembangunan di daerah khususnya di bidang kesehatan gigi dan mulut untuk mengantisipasi kebutuhan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di masa depan, melalui visiProgram Magister “menjadi sekolah pascasarjana yang unggul dan terkemuka di kawasan ASEAN dalam berbagai penelitian bidang ilmu kedokteran gigi yang berorientasi pada kepentingan bangsa berdasarkan Pancasila” sesuai dengan Visi Universitas Sumatera Utara yaitu “University for Industry”

MISI

Melalui misi Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU, diharapkan para dokter gigi program magister ini akan dapat menghasilkan hasil karya penelitian yang tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi, juga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat “Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana program magister dalam bidang ilmu kedokteran gigi yang mampu memecahkan permasalahan di bidang kesehatan dan mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir baik ditingkat nasional daninternasional”.

TUJUAN

Program Magister (S-2) Ilmu Kedokteran Gigi FKGUSU bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Mampu sebagai sumber daya manusia yang profesional dalam bidang Ilmu Kedokteran Gigi untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulutmasyarakat Indonesia.
  • Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi maupun masalah kesehatan gigi dan mulut yang dihadapi oleh masyarakat.
  • Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan serta ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan teori dan konsep untuk memecahkan masalah kesehatan gigi dan mulut.
  • Menguasai teori dan konsep yang relevan dengan bidang keahlian Ilmu Kedokteran Gigi.
  • Akrab dengan pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan keahliannya.
  • Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya untuk memecahkan permasalahan termasuk yang memerlukan pendekatan multidisiplin/interdisiplin.
  • Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan konsep ilmu di bidang keahliannya melalui penelitian.
  • Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Kualifikasi Program Magister
Program Magister (S-2) bertujuan untuk memberikan pendalaman studi menuju ke arah keahlian akademik. Mahasiswa Program Magister dapat memilih salah satu di antara beberapa peminatan yang disediakan sebagai pemusatan studi. Untuk kualifikasi dan sumber masukan penerimaan peserta Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi adalah berasal dari lulusan Strata-1(S-1)ilmu sebidang dan spesialis 1yang memiliki motivasi kemampuan akademik yang tinggi untuk melakukan penelitian serta pengembangan IPTEKdi bidang IKG. Dengan memiliki motivasi yang berkemampuan untuk merumuskan dan memecahkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut dengan penalaran ilmiah.

Beban Studi

Beban studi Program Magister bagi peserta yang berpendidikan Magister atau yang setara minimal 36SKS dan maksimal 50SKS.Calon mahasiswa dapat menempuh masa studi sekurang-sekurangnya 4 semester dan selama-lamanya 8 semester. Program pendidikan Magistermerupakan kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik berdasarkan kurikulum dengan tujuan agar mahasiswa magister dapat mengusai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.


Sekolah Pascasarjana IKG USU diselenggarakan sesuai dengan Kep.Men No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Penyelenggaraan Program Pascasarjana meliputi perkuliahan, seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, termasuk penulisan karya ilmiah (4 Semester). Perkuliahan, penelusuran akademik, dan/atau interaksi akademik :

  • Beban studi maksimal berbobot 38 SKS yang dijadwalkan untuk 4-6 Semester dan dapat ditempuh maksimal 8 - 12 Tri Semester.
  • Penelitian sampai dengan penulisan tesis berbobot 10 SKS,
  • Seminar Proposal (1 SKS), dan Ujian Tesis (1 SKS).
  • Beban studi maksimal berbobot 43 SKS.

KURIKULUM

Program Magister(S-2) Ilmu Kedokteran Gigi, yangdiselenggarakan sesuai dengan KEP.MEN No.232/U/2000tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, KEP.MEN Pendidikan Nasional RI No:234/U/2000

Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi dan Surat Keputusan Rektor USU No.1178/H5.1.R/SK/KRK/2008 tanggal 31 Mei 2008 tentang Kebijakan Akademik USU.
Kurikulum pendidikan Ilmu Kedokteran Gigi adalah alur kegiatan ilmiah yang harus ditempuh para peserta pendidikan Program Magistertersebut,agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, sehingga pendidikan Magisterberhasil sesuai dengan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, yang tersusun dalam kelompok:

  • Mata kuliah wajib23 SKS, mata kuliah pilihan8 SKS.
  • Seminarproposal1 SKS, penelitian dan tesis10 SKS.
  • Ujian tesis, 1 SKS

K M K

MATA KULIAH

SKS

I

IFIL 1751

Filsafat Ilmu

1

MEPL 1752

Metodologi Penelitian  

3

BSTA 1753

Biostatistik

2

EHKB 1754

Etika dan Hukum Kesehatan/Bio Etika

1

IPNI 1755

Penulisan Ilmiah

1

BLMO 1756

Biologi Molekuler

2

BOML 1757

Biomaterial

2

BLOL 1758

Biologi Oral

2

Jumlah SKS Semester I

14

I I

PAML 1759

Patologi Mulut

1

OLMB 1760

Oral Mikrobiologi

1

GNTK 1761

Genetika

1

IMDS 1762

Imunologi Dasar

1

EDGM 1763

Epidemiologi Gigi dan Mulut

1

EDBD 1764

Evidence Base Dentistry

2

FMKG 1765

Farmakologi

1

Jumlah SKS Semester II

8

I I I

SPRM 2766

GNTO 2771

Seminar Proposal

Gnatologi

1

1

Mata Kuliah Pilihan/ Peminatan (6-8 SKS)*

 

IKGK 2767

Ilmu Kedokteran Gigi Klinik*

2-4*

IKGD 2768

Ilmu Kedokteran Gigi Material/Dasar *

2-4*

IKGS 2769

Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas*

2-4*

MKPM 2770

Mata Kuliah Penunjang*

2-4*

Jumlah SKS Semester III

10

IV

PLPT 3772

Penelitian dan Penulisan Tesis

10

UJTM 3773

Ujian Tesis

1

Jumlah SKS Semester IV

11

Total Keseluruhan SKS

43