Program Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Gigi

Program doktor adalah program pendidikan Strata-3 (S-3) yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik sebagai akademik tertinggi. Sebagai jenjang pendidikan formal tertinggi dalam suatu perguruan tinggi dalam program pendidikan pascasarjana. Dalam menyongsong era globalisasi pengembangan ilmu program pascasarjana haruslah lebih terarah yang dapat lebih manfaat bagi masyarakat umum. Pada saat ini penerapan bio-teknologi dalam mengembangkan layanan ilmu kedokteran gigi dapat ditingkatkan dengan kemampuan sumber daya manusia yang telah memiliki pendidikan lebih tinggi. Pengembangan Ilmu Kedokteran Gigi diharapkan dapat mengembangkan industrialisasi bahan-bahan dan peralatan kedokteran gigi, sehingga ketergantungan pengadaannya dengan luar negeri dapat dikurangi sejauh mungkin. Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan umum, dengan kesehatan gigi dan mulut yang terpelihara merupakan awal kesehatan umum akan terjaga.

Sebagai gelar akademik tertinggi yang diperoleh oleh lulusan program pendidikan doktor setelah menyelesaikan pendidikan Strata -3. Gelar akademikini diberikan kepada lulusan program pendidikandoktor bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi.Gelar Doktor ditulis di depan nama dengan mencantumkan singkatan Dr. (huruf D ditulis dengan huruf besar, berbeda dengan "dr" untuk dokter yang huruf d-nya ditulis dalam huruf kecil). Penelitian yang dilakukan oleh Peserta Program Doktor dalam bentuk karya ilmiah atau disebut dengan Disertasi. Penelitian yang dilakukan dalam upaya untuk menemukan kebenaran atau untuk menyelesaikan masalah dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta Program harus dapat mempertahankan Disertasi berdasarkan pengakuan terhadap riset akademik yang mencapai standar yang layak dan diterima secara bulat oleh Komisi Pembimbing Disertasi dan Panitia Penilai Disertasi. Penelitian ini harus diterbitkan (meskipun kenyataannya mungkin tidak diterbitkan) dan mewakili paling tidak satu sumbangan kecil terhadap pengetahuan manusia. Penelitian ini biasanya dipertimbangkan lewat penyerahan dan pembelaan disertasi doktorat, meskipun dalam beberapa kasus suatu kumpulan tulisan yang telah diterbitkan.

Menurut UU RI No.20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,Program Doktor yang merupakan bagian dari pendidikan Pascasarjana adalah pendidikan akademik yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu.Sesuai dengan Kepmendiknas No.232/U/2000,Program Doktor diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki ciri-cirisebagai berikut:

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu, teknologi, dan/atau kesenian baru di dalam bidang keahliannya melalui penelitian.
  2. Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin dan mengembangkan program penelitian.
  3. Mempunyai kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya dibidang keahliannya.

Program Doktor (S-3)Ilmu Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi USU merupakan bagian dari pencapaian Visi dan Misi USU melalui kegiatan penelitian interdisipliner dalam klaster maupun antar klaster yang diarahkan untuk menjadikan USU sebagai Enterpreneural University.

VISI
Karakteristik utama program pendidikan Doktor di USUadalah peningkatan ilmu dan teknologi dalam bidang kedokteran gigi melalui kegiatan penelitian yang dapat menghasilkan penelitian yang bersifat asli/orisinil, serta menunjukkan kebaruan (novelty) yang mendukung Visi USU. Melalui pengembangan IPTEK dalam bidang kedokteran gigi dapat menghasilkan penemuan-penemuanbaru yang inovatif untuk pengembangan industrialisasi bahan-bahan dan peralatan kedokteran gigi, sehingga biaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut lebih ekonomis dan efisien. Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi merupakan Program Pendidikan Strata-3 dalam bidang kedokteran gigi yang mampu menjadi Program Doktor unggulan, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Oleh karena ituVisi Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi FKG USU adalah “menjadi pusat penelitian baru yang inovatif dalam berbagai penelitian di bidang Ilmu Kedokteran Gigi,yang berorientasi pada kepentingan bangsa”,sehingga tercapainya Visi Universitas Sumatera Utarayaitu“University for Industry”.

MISI
Fakultas Kedokteran Gigi USU menyelenggarakan program pendidikan Strata-3 dalam bidang Ilmu Kedokteran Gigi untuk menghasilkan lulusan berderajat Doktor yang mampu memecahkan permasalahan di bidang kedokteran gigi serta mampu mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional dengan mengirimkanlulusan Program Doktor ke luar negeri. Dengan menetapkan Misi Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi adalah”menyelenggarakan Program Doktor dalamberbagai bidangIlmu Kedokteran Gigi Dasar dengan melakukan penelitian-penelitian untuk pengembangan keilmuan kedokteran gigi”sesuai denganVisi USU.

TUJUAN
Kualifikasi menghasilkan lulusan Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU, sebagai berikut:

  • Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan metodologi baru yang akan dipergunakan dalam melakukan telaah taat kaidah.
  • Menguasai pendekatan teori, konsep, dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan permasalahan yang kompleks, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.
  • Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya, baik dengan sejawat maupun khalayak yang lebih luas.

Kualifikasi Program Doktor
Program pendidikan akademik Strata-3 ditujukan untuk memperoleh gelar akademik doktor sebagai gelar akademik tertinggi melalui proses penyaringan yang dilaksanakan oleh Sekolah Pascasarjana USU. Program Doktor (S-3) Ilmu Kedokteran Gigi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan melalui pengembangan IPTEKdalam penelitian di bidang kedokteran gigi. Selain dapat menghasilkan penemuan-penemuan baru dalampengembangan industrialisasi bahan-bahan atauperalatan kedokteran gigijugamampu merumuskan dan memecahkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut dengan penalaran ilmiah.Hasil penelitian tersebut dapatmenambah khasanah ilmu pengetahuan yang telah adadengan harapan dapat mengungkapkan masalah baru menurut kaidah ilmu pengetahuan dandapat dibuktikan dalam suatu penelitian Disertasi.Kualifikasi penerimaan calon mahasiswa baru Program Pendidikan Doktor Ilmu Kedokteran Gigi adalah lulusan sarjana Strata-2 dari perguruan tinggi dengan status telah terakreditasi diakui dan program studi dalam disiplin ilmu sebidang atau tidak sebidangdengan program studi yang dipilih.

BEBAN STUDI

Mata kuliah Program Doktor terdiri atas mata kuliah pokok/wajib dan mata kuliah pilihan yang wajib diikuti dan dimasukkan dalam perhitungan indeks prestasi. Jika dianggap perlu Peserta dapat mengambil mata kuliah prasyarat yang tidak dimasukkan dalam perhitungan indeks prestasi, tetapi dianggap sebagai beban studi. Mata kuliah dimaksud harus mendapat keputusan nilai lulus dari dosen yang bersangkutan. Peserta dapat mengikuti mata kuliah yang ditawarkan pada Program Doktor secara audit tanpa nilai dan diabaikan dalam perhitungan indeks prestasi. Beban studi program pendidikan Doktor adalah sebagai berikut :

  1. Beban studi Program Doktor bagi peserta yang berpendidikan sarjana (S-1) sebidang sekurang-kurangnya 76 (tujuh puluh enam) SKS yang dijadwalkan untuk sekurang-kurangnya 8 (delapan) Semester dengan lama studi selama-lamanya 12 (dua belas) Tri Semester.
  2. Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan sarjana (S-1) tidak sebidang sekurang-kurangnya 88 (delapan puluh delapan) SKS yang dijadwalkan untuk 9 (sembilan) Semester dan dapat ditempuh kurang dari 9 (sembilan) Semester dengan lama studi selama-lamanya 13 (tiga belas) Semester.
  3. Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) sebidang sekurang-kurangnya 40 (empat puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) Semester dan dapat ditempuh kurang dari 4 (empat) Semester dengan lama studi selama-lamanya 10 (sepuluh) Semester.
  4. Beban studi program doktor bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) tidak sebidang sekurang-kurangnya 52 (lima puluh dua) SKS yang dijadwalkan 5 (lima) Semester dan dapat ditempuh kurang dari 5 (lima) Semester dengan lama studi selama-lamanya 11 (sebelas) Semester.

KURIKULUM

Kurikulum pendidikan Doktor Ilmu Kedokteran Gigi USU adalah alur kegiatan ilmiah yang harus ditempuh para peserta pendidikan Doktor tersebut agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, sehingga pendidikan Doktor berhasil sesuai dengan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.Kurikulum pendidikan Sekolah Pascasarjana USU terdiri atas pendidikan kemampuan dasar, kekhususan, dan penelitian. Secara tersendiri diatur untuk setiap Program Studi dengan ditetapkan Surat Keputusan Rektor sesuai KEP.MENNo.232/U/2000tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Peserta dan SK.Rektor USU No.1178/H5.1.R/SK/KRK/2008 tanggal 31 Mei 2008 tentang Kebijakan Akademik USU. Kelompok materi Kurikulum Program Doktor (S-3) Ilmu Kedokteran Gigi disusun oleh Program Studi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor, terdiri atas :

  1. Materi Dasar Umum (MDU)
  2. Materi Penunjang Disertasi (MPD) ditentukan berdasarkan penelitian Disertasi yang ditentukan oleh peserta program dan promotor.
  3. Materi Penerapan Akademik (MPA).

Kurikulum untuk setiap program studi dimuat dalam pedoman dan petunjuk pelaksanaan program studi melalui seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi atau bahan kajian pelajaran, serta cara penyampaian dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi. Mata kuliah Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi terdiri atas mata kuliah pokok dan mata kuliah pilihan yang wajib diikuti diikuti oleh setiap Peserta Program dan akan dimasukkan dalam perhitungan Indeks Prestasi.Jika diperlukan Peserta Program dapat mengambil mata kuliah prasyarat yang tidak dimasukkan dalam perhitungan Indeks Prestasi, tetapi dianggap sebagai beban studi. Mata kuliah ini secara audit tanpa nilai dan diabaikan dalam perhitungan Indeks Prestasi, tetapiharus mendapat keputusan nilai lulus dari Dosen Pengampu.

 

SEM.

K M K

Mata Kuliah

SKS

       

I

FI LD  1812

Filsafat Ilmu

2

MPLD 1813

Metodologi Penelitian I

3

EKOD 1812

Epidemiologi Klinik

2

STAD 1813

Biostatistik

3

Jumlah

10

II

BOTD 1822

Biologi Oral Terapan

2

OIDD 1822

Oral Imunologi

2

MPKD 1822

Metode Penelitian II

2

TKDD 1822

Topik Khusus *

2

IKKD 1822

Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas (Lanjutan) *

2

Jumlah

10

III

 

Ujian Kualifikasi

 

SPRD 2832

Seminar Usulan Penelitian Disertasi

2

Jumlah

2

IV

PPTD 2840

Penelitian Disertasi

20

SAPD 2842

Seminar Hasil Penelitian Disertasi

2

UJTD 2842

Ujian Tertutup

2

UJBD 3842

Ujian Terbuka

2

T O T A L

26