Prostodonsia

Departemen Prostodonsia dibuka pada tahun 1965 yaitu bersamaan dengan diresmikannya pembukaan Dental Clinic Fakultas Kedokteran Gigi USU. Pada mulanya Departemen ini bernama Bagian Prostodontics akan tetapi sejak 1983 namanya disesuaikan menjadi Lab. Prostodonsia.

Prostodonsia merupakan salah satu cabang dari ilmu kedokteran gigi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan penggantian gigi yang hilang/dicabut dengan gigi tiruan.

Dosen pada Departemen ini, selain bertugas memberikan kuliah, membimbing praktikum dan tugas akhir (skripsi) dalam bidang ilmu gigi tiruan untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing kerja klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pembuatan gigitiruan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Adapun tujuan pendidikan dari Departemen ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari peserta didik dalam bidang ilmu gigi tiruan.