Ortodosia

Departemen Ortodonsia berdiri pada tahun 1965 yaitu sejak mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi USU angkatan pertama mulai mempelajari ilmu-ilmu Klinik. Departemen Ortodonsia merupakan cabang dari llmu Kedokteran Gigi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan perawatan gigi berjejal. Staf Pengajar yang ada di Departemen ini selain bertugas memberikan kuliah dan membimbing praktikum serta tugas akhir (skripsi) dalam bidang ilmu perawatan gigi berjejal untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing Kerja Klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan perawatan gigi berjejal di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi USU.
Adapun tujuan pendidikan dari Departemen ini ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang ilmu perawatan gigi berjejal. Selain itu Departemen ini juga memberikan pelayanan konsultasi perawatan Ortodonti untuk para sejawat dokter gigi.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Bidang Ortodonti. Departemen Ortodonsia telah mempunyai peralatan penunjang yang lengkap untuk perawatan pasien dengan pesawat cekat (Fixed Appliance) menggunakan teknik Edgewise, Straightwire dan beberapa teknik lain.