Ilmu Penyakit Mulut

Ilmu Penyakit Mulut merupakan cabang dari Ilmu Kedokteran Gigi yang mempelajari tentang berbagai kelainan atau penyakit yang ada di rongga mulut dan dijaringan sekitarnya.

Tugas pengajar di departemen ini adalah memberi kuliah, membimbing tugas akhir (skripsi) mengenai Ilmu Penyakit Mulut kepada mahasiswa yang sedang menjalani Program Akademik dan pada Program Pendidikan Profesi mengenalkan cara mediagnosis berbagai kelainan/penyakit yang ada di rongga mulut dan jaringan sekitarnya yang dilakukan pada pasien yang berobat di Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Sehingga tujuan pendidikan departemen ini ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang Ilmu Penyakit Mulut.

Sejarah Departemen Ilmu Penyakit Mulut

Bagian Oral Diagnostik didirikan pada tahun 1965, pada saat itu Oral Diagnostik masih bergabung dengan bagian Exodontia sehingga kepala bagian dipegang oleh Ny. Tuti R Tjiptono dan Ny. Soegiarti Pitoyo sebagai wakil kepala bagian dan menempati ruang Laboratorium Bedah Mulut (sekarang dept. Bedah Mulut) yaitu memberikan kuliah mempelajari bagaimana melakukan anamnesis, pemeriksaan di rongga mulut meliputi keadaan umum, pemeriksaan ekstra dan intra oral, differensial diagnosis dan treatment planning pada tingkat III dan tingkat IV mengenai kelainan dan penyakit di rongga mulut.

Tahun 1968 Bagian Oral Diagnostik merupakan bagian tersendiri dan menempati ruang Laboratorium Rontgenologi ( sekarang Unit Radiologi Dental ) dengan kepala bagian Ny. Soegiarti Pitojo. Sejak tahun 1984 sesuai dengan perkembangan penyakit jaringan mulut dan kurikulum inti, Bagian Oral Diagnostik meningkat pelayanannya menjadi laboratorium Oral Medicine.

Bagian Ilmu Penyakit Mulut adalah nama yang digunakan pada tahun 1996 dengan kepala bagian Prof. Ny. Soegiarti Pitojo, drg dan sekretaris bagian Asfan Bahri, drg karena pada saat itu kedua bidang ilmu bergabung menjadi satu bagian.

Tahun 2001 hingga sekarang berubah nama menjadi Departemen Ilmu Penyakit Mulut, dan mata kuliah terus berkembang dengan masuknya topik penanggulangan dental pasien sengan masalah kompromi medik ( medically compromised patient ). Saat ini kuliah Ilmu Penyakit Mulut diberikan pada semester VI dan pada Blok 12 dan Blok 13.