Ilmu Konservasi Gigi

Kuliah dalam mata pelajaran Ilmu Konservasi Gigi sudah dimulai pada tahun 1963, namun baru pada tahun 1965 Departemen llmu Konservasi Gigi mulai melayani pasien-pasien yang dirawat oleh mahasiswa Co-Ass dibawah bimbingan Staf Konservasi.

llmu Konservasi Gigi merupakan cabang dari llmu Kedokteran Gigi yang termasuk ke dalam llmu Kedokteran Gigi Kuratif, mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan perawatan gigi berlubang dan perawatan syaraf gigi.

Dosen yang ada di Departemen ini selain bertugas memberikan kuliah, membimbing praktikum dan tugas akhir (skripsi) dalam bidang perawatan gigi berlubang dan perawatan syaraf gigi untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing kerja klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan perawatan gigi berlubang/perawatan syaraf gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Tujuan pendidikan dari Departemen ini ialah meingkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam rnelakukan tindakan kuratif terhadap gigi berlubang dan kerusakan pada syaraf gigi. Dosen yang dimiliki oleh Departemen llmu Konservasi Gigi adalah berjumlah sembilan orang terdiri dari : dua orang Profesor, tiga orang berpendidikan S-2 lulusan luar dan dalam negeri, empat orang berpendidikan S-1.